Kata startup adalah sesuatu yang merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Jadi kalau dirangkum secara singkat startup adalah perusahaan baru yang sedang dikembangkan atau belum lama beroperasi. Oleh karena itu startup sering disebut sebagai perusahaan rintisan.

Istilah dari kata startup adalah sesuatu yang sangat identik serta kerap kali dihubung-hubungkan dengan perusahaan baru di bidang teknologi dan informasi. Hal ini berawal ketika startup menjadi populer secara internasional pada masa bubble dot-com sekitar tahun 1998 hingga 2000. Banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan pada periode tersebut, dikarenakan saat itu sedang gencarnya perusahaan perintis untuk membuka website pribadi demi memulai bisnisnya.

Kejadian ini berdampak dengan semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, startup lahir dan berkembang. Sehingga kata startup mengalami pergeseran makna dan arti, menjadi bisnis yang selalu identik dengan dunia digital, teknologi informasi dan aplikasi.

Membuat sebuah perusahaan rintisan itu sangat mudah dengan proses yang tidak terlalu ribet, tetapi ketika startup tersebut di hadapkan pada model bisnis yang akan di kembangkan itu sangat komplek ada beperapa aspek ketika akan mendirikan sebuah startup

  • Jumlah dan nominal transaksi startup tersebut
  • Jumlah pengguna startup
  • Teknologi produk startup
  • Kualitas tim startup
  • Kompetitor startup

Jika hal tersebut sudah di rancang secara matang, maka startup tersebut tinggal membuat model bisnis startupnya .

Model Bisnis adalah hal yang paling vital didalam memulai bisnis startup, model bisnis lebih vital ketimbang asset perusahaan, tanpa model bisnis yang jelas maka startup tersebut tidak akan bisa bersaing dengan startup lain boleh dibilang akan tumbang seperti startup-startup lainya, dari 100 startup yang ada hanya 5% persennya yang masih eksis dan berkembang.

Dengan pengalaman Vikosha selama 15 tahun dalam dunia digital,mencoba memberikan solusi,develop dan pengembangan bisnis startup secara digital kepada para klien, jika klien ingin memulai membangun startup baik model bisnis B2B ( Bisnis to Bisnis ), B2C ( Bisnis To Costumer ), C2C ( Costumer To Costumer ) atau jenis yang lainya. Vikosha siap melakukan kerjasama jangka panjang termasuk bagaimana mengatasi resiko kedepan startup tersebut beserta membangun jaringan startup.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *